Bukan Hanya Sekedar Gelar! Pendidikan Punya Fungsi Penting Dalam Hidup

Bukan Hanya Sekedar Gelar! Pendidikan Punya Fungsi Penting Dalam Hidup

Berita Terbaru Pendidikan – Hingga saat ini, masih banyak masyarakat yang menganggap pendidikan itu sia-sia. Mereka lebih fokus pada pekerjaan daripada pendidikan. Bahkan mungkin kita sendiri adalah salah satu orang yang setuju dengan anggapan itu. Berbagai pertimbangan pun muncul di benak kami, hingga akhirnya membuat kami gelisah untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau tidak. Jika dilihat dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pendidikan adalah proses mengubah sikap dan perilaku seseorang dalam upaya mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Berdasarkan definisi tersebut jelaslah bahwa tujuan pendidikan sangat luas untuk kehidupan sehari-hari, bukan hanya sebagai tempat mencari ijazah dan pekerjaan. Lantas, apa fungsi atau tujuan pendidikan? Kami akan mengulas secara lengkap di sini.

Bukan Hanya Sekedar Gelar! Pendidikan Punya Fungsi Penting Dalam Hidup

Memberikan Pengetahuan dan Wawasan Baru

Ini adalah hal terpenting yang tidak bisa disangkal. Banyak ilmu dan wawasan baru bisa kita dapatkan melalui pendidikan, baik yang berkaitan dengan bidang ilmu yang kita tuntut maupun tidak. Misalnya jika kita bersekolah, belajar mata kuliah akuntansi, maka kita akan menguasai seluk-beluk akuntansi. Ditambah dengan pengalaman dan pengetahuan tentang kehidupan yang kita alami sendiri, atau yang dibagikan oleh teman.

Membentuk Sudut Pandang

Wawasan yang kita punya bisa membantu dalam proses pembentukan perspektif kita mengenai kehidupan. Akan ada banyak pandangan baru yang mengubah cara berpikir kita tentang dunia. Misalnya pandangan kita tentang keragaman, tentang politik, SARA, budaya dll. Pikiran kita menjadi lebih luas dan lebih terbuka.

Membangun Karakter

Pendidikan lembaga pendidikan sangat menentukan karakter setiap siswa. Mulai dari disiplin, integritas, sopan santun hingga kejujuran. Pendidikan juga membina kita menjadi individu yang lebih dewasa, mampu merencanakan masa depan dan mengambil keputusan yang tepat. Lembaga pendidikan juga menjadi tempat kita bersosialisasi dengan banyak teman, sehingga kita bisa belajar memahami karakter orang lain dan melatih kita untuk lebih manusiawi.

Mempersiapkan Karir

Tidak dapat dipungkiri bahwa karir merupakan salah satu cita-cita masyarakat yang berpendidikan tinggi. Memang benar, ijazah SMA saja sudah cukup untuk mencari pekerjaan. Namun perlu diingat, standar pendidikan semakin tinggi setiap hari. Perusahaan dengan posisi dan gaji terbaik cenderung menuntut pendidikan tinggi bagi karyawannya. Meski ada peluang lulusan SMA, namun rasionya sangat kecil dibarengi dengan kondisi lain.

Ikut Berpartisipasilah Dalam Memajukan Negara

Ya, akan lebih mudah bagi suatu negara untuk berkembang jika rakyatnya berpendidikan, berpikiran luas, dan berpikiran terbuka. Masyarakat akan semakin terampil dalam bekerja dan berusaha yang dapat berdampak pada kesejahteraan atau peningkatan perekonomian. Selain itu nantinya masyarakat juga bisa memiliki berbagai macam soft skill dan tidak mudah terprovokasi oleh kabar burung.

Melihat pentingnya pendidikan dari uraian di atas, apakah sebagian dari kita masih menganggap enteng pendidikan? Selagi kita masih bisa, kita harus mengenyam pendidikan setinggi langit. Ilmu tidak terbatas pada ilmu pengetahuan, waktu, usia dan status sosial. Manfaatnya akan terasa hingga akhir hayat untuk meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik. Jika ada seseorang yang berkata bahwa pendidikan itu tidak penting biarkan saja, aggap itu angin lalu. Mungkin orang yang beranggapan seperti itu belum mengalami manfaat sebenarnya dari pendidikan. Ingat! Sampai saat ini Pendidikan merupakan jalan terbaik menuju kesuksesan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *