Cara Mudah dan Jitu Untuk Bisa Lolos Perguruan Tinggi Populer

Berita Terbaru Pendidikan – Perguruan tinggi negeri masih menjadi impian bagi seluruh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain relatif lebih murah dibandingkan PTS, PTN memiliki sistem pendidikan dan reputasi yang baik dari tahun ke tahun. Tak heran, persaingan masuk perguruan tinggi negeri pun semakin ketat. Satu orang harus mengalahkan setidaknya sekitar dua puluh orang lainnya untuk masuk ke perguruan tinggi favorit. Nah bagi anda yang ingin mencobanya, berikut ini kami berikan tips agar membantu kelancarannya.

Cara Mudah dan Jitu Untuk Bisa Lolos Perguruan Tinggi Populer

Menentukan pilihan program studi sejak pertama

Mencapai tujuan tentu tidak akan berhasil jika Anda tidak tahu ke mana harus pergi. Oleh karena itu, sejak Anda masuk SMA, sebaiknya Anda mulai menentukan program studi apa yang akan diambil di perguruan tinggi. Dengan demikian, selama proses pembelajaran di sekolah, pikiran Anda akan tertuju pada target tempat duduk di universitas negeri favorit Anda.

Ketika pikiran sudah terfokus, tentunya persiapan akan semakin matang untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana masuk ke universitas negeri yang Anda dambakan. Coba juga ikuti tes psikologi yang bertujuan untuk pengembangan karir yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Ini akan sangat membantu dalam menentukan pilihan program studi.

Terus Asah Kemampuan Anda

Ketika Anda sudah mengetahui pilihan jurusan apa yang ingin Anda ambil, langkah selanjutnya adalah terus mengasah kemampuan Anda untuk peluang yang lebih besar untuk masuk ke perguruan tinggi favorit Anda. Mengasah efikasi diri ini memiliki banyak cara. Anda tinggal mengikuti les (les) yang sudah dirancang khusus untuk menyasar universitas tertentu. Di zaman sekarang ini banyak tutor yang fokus seperti ini.

Selain mengikuti les privat, Anda juga bisa mengikuti les privat bersama pengajar dari almuni yang sudah berhasil masuk program studi dari universitas negeri favorit yang diinginkan. Tentunya para alumni akan lebih memahami seluk beluk dan tips-tips khusus untuk masuk perguruan tinggi negeri seperti yang telah mereka alami sebelumnya.

Buatlah Rencana Mengikuti Tes Masuk PTN

Untuk lulus dari universitas negeri favorit, tentunya harus ada rangkaian tes yang harus kamu lalui. Saat ini biasanya terdapat 3 jalur yang bisa dicoba yaitu jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, dan jalur mandiri. Jalur SNMPTN merupakan seleksi dengan melihat nilai rapor selama bersekolah. Jika seorang siswa SMA masuk dalam 5 besar di kelasnya, dan nilainya terus meningkat dari waktu ke waktu, maka jalur SNMPTN ini wajib dicoba.

Jalur SNMPTN disebut juga jalur no test, dan hanya Nota Akademik saja yang digunakan sebagai bahan seleksi. Jalur SBMPTN merupakan seleksi melalui tes tertulis. Ujian ini diadakan serentak sekitar bulan Mei atau Juni setiap tahunnya, sebelum memulai pengajaran baru. Rute SBMPTN juga tidak kalah ketatnya. Biasanya ada dua materi tes SBMPTN yaitu TPA (Tes Potensi Akademik), dan pilihan IPA / IPS / IPC. Tes ini dilakukan hanya dalam satu hari, namun tentunya membutuhkan persiapan ratusan hari sebelumnya.

Terakhir, jalur mandiri yang dibuka universitas biasanya setelah tes SBMPTN selesai. Jalur ini juga berupa tes dengan tingkat kesulitan yang mirip dengan SBMPTN. Pilih jalur yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menyiapkan rencana cadangan, sehingga ketika Anda tidak diterima di satu jalur, Anda siap melalui proses di jalur lain.

Selalu tau dengan Informasi Terbaru

Seiring dengan perkembangan zaman, informasi menjadi sangat mudah diakses oleh semua orang melalui internet. Oleh karena itu, jangan sampai kamu yang masih duduk di bangku SMA ketinggalan informasi dan belum mengetahui kondisi terkini untuk lulus dari perguruan tinggi favoritmu. Rute masuk mungkin berbeda dari tahun ke tahun. Jenis soal tes dapat bervariasi dari tahun ke tahun. Informasi tentang pelaksanaan tes juga cukup penting.

Sehingga kamu harus tetap fokus memperhatikan informasinya agar tidak ketinggalan kereta saat teman-teman yang lain sudah fokus mengikuti proses seleksi. Untuk mendapatkan informasi terkini, banyak berkonsultasi dengan guru BK di sekolah yang biasanya mengetahui berita terkini tentang proses seleksi. Jangan lupa untuk sering berbagi informasi dengan teman-teman kamu, karena dengan sering berbagi kamu juga akan mendapatkan lebih banyak informasi sendiri.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *