Jurusan Kuliah Paling Langka di Indonesia

Jurusan Kuliah Paling Langka di Indonesia

Berita Terbaru Pendidikan – Jurusan kuliah menjadi pilihan yang cukup sulit karena dianggap sebagai ujung tombak menuju dunia kerja selanjutnya. Sebagian besar calon mahasiswa akan memilih jurusan seperti Pendidikan Dokter, Psikologi, Arsitekur, Sastra Inggris dan masih banyak lagi. Namun ternyata ada loh jurusan kuliah yang sangat langka bahkan hanya ada satu di Indonesia. Kenapa bisa selangka itu? Untuk saat ini masih sedikit minat calon mahasiswa yang ingin mendalami pembalajaran dari jurusan tersebut. tenang saja, jika kamu memilih jurusan kuliah yang langka ini bukan berarti tidak ada masa depan untukmu. Bisa dikatakan malah kamu lebih mudah mencari pekerjaan nantinya jika sudah lulus. Karena kesempatan di dunia kerja semakin terbuka lebar oleh sedikitnya lulusan jurusan itu. Nah lalu apasih jurusan yang langka tersebut? ini dia daftarnya.

Jurusan Kuliah Paling Langka di Indonesia

  • Astronomi

Astronomi, ilmu yang mempelajari matahari, bulan, bintang, dan planet lain bisa Anda pelajari di Institut Teknologi Bandung (ITB). Diketahui, hingga saat ini hanya ITB yang memiliki dan membuka program studi Astronomi. Fakta menariknya lagi ITB membuka program studi Astronomi dari jenjang sarjana (S1), magister (S2) sampai doktor (S3). Pada program studi Astronomi ITB ini Anda akan mempelajari berbagai benda langit dengan menekankan penerapan fisika pada benda langit, mempelajari struktur, sifat fisik evolusi alam semesta dan kosmologi. Akreditasi prodi Astronomi ITB berdasarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) adalah A.

  • Manajemen Industri Katering

Program studi lain yang hanya ada di Indonesia adalah Manajemen Industri Katering. Dalam program studi ini Anda akan belajar tentang pengetahuan dasar di bidang kuliner lokal, nasional dan internasional, manajemen operasional bisnis kuari, serta perencanaan, manajemen, dan pemasaran. Program studi ini hanya ada satu di Indonesia dan tepatnya berada di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia UPI0 hanya membuka program studi Manajemen Industri Katering pada jenjang sarjana (S1). Sejak tahun 2015, Program Studi Manajemen Industri Katering UPI telah terakreditasi B oleh BAN-PT.

  • Sastra Belanda

Ada banyak pilihan jika Anda berencana untuk mengambil kursus kebidanan sastra. Pilihan tersebut antara lain sastra Indonesia, sastra Inggris, sastra Arab, sastra Cina, dan sastra Jepang. Namun, program studi Sastra Belanda hanya bisa Anda temukan di Universitas Indonesia (UI). Dalam program studi Sastra Belanda Anda akan belajar tentang linguistik, sastra, sejarah, dan budaya. Berdasarkan BAN-PT, program studi Sastra Belanda di Universitas Indonesia telah terakreditasi A.

  • Teknik Nuklir

Nuklir di Indonesia yang dipelajari sebagai sumber energi hanya dapat ditemukan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Pada program studi Teknik Nuklir UGM akan menghadapi ilmu pengetahuan khususnya fisika dan matematika. Universitas Gadjah Mada hanya membuka program studi Teknik Nuklir pada jenjang sarjana (S1). Sedangkan akreditasi untuk program studi Teknik Nuklir UGM adalah A.

  • Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya membuka program studi yang hanya ada di Indonesia yaitu program studi Robotika dan Teknik Kecerdasan Buatan. Di jurusan ini Anda akan mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan robot dan kecerdasan buatan. Tak hanya itu, Anda juga akan mempelajari konsep membuat robot seperti Siri, Alexa, atau Cortana. Dalam daftar akreditasi BAN-PT, prodi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan ini masuk dalam program studi baru yang masih dalam proses akreditasi.

  • Teknik Transportasi Laut

Menjadi negara yang mempunyai banyak pulai mengharuskan Indonesia punya pengelolaan dan pemanfaatan laut yang baik. Hal ini penting untuk dipelajari, untuk itu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuka program studi Teknik Transportasi Laut. Program studi ini hanya bisa Anda temukan di ITS Surabaya. Pada program studi Teknik Transportasi Laut ITS Anda akan mempelajari tentang perkapalan, pelabuhan, dan logistik di dunia maritim dalam aspek teknis, sosial, politik, keamanan dan budaya. Pada daftar akreditasi BAN-PT, program studi Teknik Transportasi Laut ITS memiliki akreditasi khusus yaitu Unggul.

  • Jamu

Program studi langka lainnya adalah Jamu. Program studi Jamu hanya ada di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surakarta. Awal mula terbentuknya jurusan ini adalah untuk membina pengobatan tradisional di Indonesia, khususnya jamu yang dianggap sebagai warisan nenek moyang bangsa. Dalam program studi ini Anda akan belajar tentang pencampuran, pemberian, penyembuhan atau terapi dengan jamu. Jamu dan obat tradisional Indonesia dinilai berpotensi untuk dikembangkan, bahkan sudah mulai mendunia. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surakarta membuka program studi Jamu ini pada jenjang Diploma-III (D-III). Sedangkan akreditasi dari BAN-PT Program Studi Jamu Poltekkes Kemenkes Surakarta terakreditasi B.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *